Pelajar dan Buku

Saya mengalami banyak sejarah dengan buku. Buku membantu saya membaca tentang lingkungan saya. Dulu, saya membaca Dibawah Bendera Revolusi, The Social Contract, The Republic, The Open Society and Its Enemy, dan masih banyak lagi. Ketika sewaktu SMA pun saya sudah membaca buku tentang politik. Saya memang seperti ditakdirkan untuk menjadi politisi.

Ketika SMA pun obrolan saya tentang politik. Saya bersama dengan teman bertukar buku dan bertukar informasi. Saat itu, pandangan politik saya adalah menjatuhkan Soeharto, karena di zaman itu semuanya terasa dilarang dan sedikit-sedikit main kekerasan.

Karena berteman dengan banyak pelajar, maka saya sering menemukan beberapa teman yang seide. Dari teman ini pulalah saya sering bertukar-tukar buku. Dari bukulah saya menyusun ide politik saya. Dari buku pulalah saya banyak menemukan cara bagaimana agar bisa ikut melawan rezim yang otoriter di negeri ini.

Saya masih ingat ketika teman saya memberikan disertasi Arief Budiman, ketika dia berkuliah di Harvard. Arief Budiman adalah salah satu aktivis di dua zaman, zaman Soekarno dan zaman Soeharto. Salah satu yang unik dari disertasi itu adalah cerita bagaimana Salvador Allende yang saat itu adalah presiden Chile yang merupakan teman. Arief Budiman bercerita bahwa Allende merupakan salah satu presiden yang berpikiran komunis, tetapi menjadi presiden dengan cara yang demokratis.

Dari bacaan itu pulalah salah satunya saya memahami bagaimana sistem merubah rezim. Apa yang saya lakukan dulu bersama teman-teman banyak yang terinspirasi dari buku yang saya baca. Kalau gen Z jarang membaca buku, maka sebagai generasi yang lebih tua tentu saya khawatir tidak ada pergerakan yang mengubah Indonesia di masa depan. Bagaimanapun, sebagai generasi yang lebih tua kita pun perlu berdiskusi dan mungkin diingatkan oleh generasi sekarang. Tetapi, tanpa membaca, komunikasi antar generasi ditakutkan akan berbicara di dalam dunia yang berbeda.

Jadi anak muda, mari banyak-banyak membaca, karena buku bisa mengubah pikiran kita, mengubah Indonesia, dan mengubah dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Terbaru

Kategori

Tentang Budiman

UU Desa

Podcast Pilihan

Kutipan

Pemikiran

Desa dan SDA

Budaya dan Aktivisme

Ekonomi

Teknologi

Jejaring

© 2024 Tim Budiman Sudjatmiko