Yang Harusnya Ada dan Dipunya Setiap Orang

Mungkin ada yang berpendapat bahwa manusia itu harus punya A, B, atau C untuk bisa berfungsi dengan baik untuk dirinya dan dalam masyarakat. Bagi saya, manusia seharusnya mempunyai tiga hal penting dalam dirinya. Pertama adalah kemampuan untuk mencipta, kedua adalah kemampuan untuk mencinta, dan ketiga kemampuan untuk bercita-cita. Ketiga hal ini menjadi mutlak karena apabila kita kehilangan salah satunya, maka kita akan cacat sebagai manusia.

Apabila kita bisa berkarya sebagai manusia tetapi kita tidak bisa memiliki rasa cinta, maka kita akan bekerja seperti mesin. Apabila kita bisa bercinta tanpa bisa berkarya, maka kita kita akan seperti seorang pemimpi yang tidak menghasilkan apapun. Masih banyak lagi kombinasi seperti ini yang menghasilkan manusia yang cacat. Dengan memiliki ketiga hal itu, maka kita bisa bermanfaat dan tidak hanya mengeluarkan ide utopis.

Dalam sebuah pekerjaan, kamu harus mempunyai mimpi yang berdasarkan cinta kasihmu. Sehingga mimpimu akan berdampak kepada kebutuhan orang lain. Dengan menggunakan mimpi dan cinta maka kamu tahu perkembangan apapun yang kamu kerjakan tidak akan merusak dan menjadi masalah di kemudian hari bagi orang lain. Setelah itu, sebagaimana pandangan Karl Marx, segala sesuatu ujungnya adalah kenyataan dan terapan, di mana setiap pemikiran akan berujung pada sebuah kerja nyata yang hasilnya bisa diukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Terbaru

Kategori

Tentang Budiman

UU Desa

Podcast Pilihan

Kutipan

Pemikiran

Desa dan SDA

Budaya dan Aktivisme

Ekonomi

Teknologi

Jejaring

© 2024 Tim Budiman Sudjatmiko