Gurita Bisnis Korporasi Monopolis

Monopoli adalah suatu perilaku pasar yang kita sudah pelajari semenjak sekolah. Monopoli merupakan salah satu penyebab mengapa masyarakat tidak mempunyai akses kepada hak mereka. Monopoli bisa berbentuk secara langsung melalui aturan, seperti sebuah kebijakan yang diberikan oleh pemerintah untuk pengadaan produk tertentu, seperti air hingga listrik yang hanya boleh dipegang oleh satu perusahaan karena perusahaan itu menguasai hajat hidup orang banyak.

Monopoli juga bisa diberikan secara tidak langsung oleh perusahaan melalui aktivitasnya yang disetujui. Misalnya, perusahaan tambang yang diberikan keringanan untuk menambang di suatu daerah, lalu kelompoknya atau saudaranya memproduksi baterai. Di ujung bisnisnya mereka memproduksi perusahaan distribusi baterai karena mempunyai akses mudah ke lini ekspor. Melawan perusahaan baterai seperti itu akan sulit. Akhirnya, dia bisa menguasai pasar akibat izin di hulu hingga hilir produksi. Seharusnya, dalam dunia bisnis pun, pemerintah tidak memperbolehkan izin usaha yang mempunyai bisnis dari hulu ke hilir begitu saja.

Seharusnya, hanya perusahaan tertentu yang diberikan izin, dan itupun setelah memikirkan dampaknya pada kehidupan orang banyak dan juga faktor pertumbuhan perusahaan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Terbaru

Kategori

Tentang Budiman

UU Desa

Podcast Pilihan

Kutipan

Pemikiran

Desa dan SDA

Budaya dan Aktivisme

Ekonomi

Teknologi

Jejaring

© 2024 Tim Budiman Sudjatmiko